Cara Mengganti Oli Genset Dengan Mudah Sesuai Prosedur

Cara Mengganti Oli Genset Dengan Mudah Sesuai Prosedur – Untuk mengoptimalkan kinerja mesin genset selalu cek kondisi oli dan lakukan pergantian oli scara berkala. Agar kinerja pada mesin genset dapat bertahan lama. Secara SOP oli genset harus diganti ketika genset sudah beroperasi atau menyala dengan kisaran waktu 20 sampai dengan 500 jam tergantung dari kapasitas daya yang dimiliki. Ada berbagai macam keuntungan dengan dilakukannya penggantian oli secara teratur diantaranya adalah:

  • Mesin tidak akan cepat haus atau panas karena reaksi pembakaran yang terjadi sangat sempurna, terlebih ketika cairan oli benar-benar dikontrol secara berkala.
  • Karena komponen dilumasi cairan membuat mesin lebih tahan lama, mesin di dalam tidak mudah lepas, dan bebas dari karat
  • Getaran keras yang ditimbulkan pada mesin genset tipe silent atau open bisa diminimalisir ketika oli mesin terpelihara dan diganti secara berkala.

Dari manfaat pentingnya oli diatas, jika anda  ingin mengganti oli genset. Berikut tips cara Mengganti oli genset dengan aman sesuai prosedur :

  1. Mesin Genset Dalam Keadaan Mati

Matikanlah mesin genset sebelum anda melakukan penggantian oli mesin. Disamping itu, berbagai macam peralatan yang terhubung ke genset juga harus dilepaskan. Tentunya hal tersebut sebagai antisipasi dan meminimalisir terjadinya konsleting listrik. Dengan melakukan prosedur ini maka penggantian oli mesin genset akan lebih aman.

  1.  Hindari Benda Korosif Di Sekiar Area Genset

Saat memasukkan oli pada mesin pastikan area di sekitar genset terhindar dari benda korosif ataupun karat di permukaan mesin yang akan mengkontaminasi dengan oli. Karena jika tercampur hal tersebut dikhawatirkan akan menghambat kinerja oli mesin dan suhu kerja dari genset akan berlebihan tentunya bisa menyebabkan overheat.

  1. Sterilisasi Area Sekitar Mesin Genset

Pastikan area di sekitar tempat pengisian oli steril dalam artian tidak ada benda atau debu dan kotoran lainnya. Untuk membuat Anda semakin aman dan nyaman pada proses penggantian oli mesin genset, priksa lantai disekitar area genset tidak dalam kondisi licin. Agar Anda tidak merasa pusing atau tercekik dengan bau oli, sebaiknya Anda menggunakan masker atau sarung tangan saat pengisian.

  1. Gunakan Satu Jenis Oli

Ketika mengganti oli pada mesin genset perhatikan  jenis dan merek oli  yang diisikan sebelum dan sesudahnya harus sama atau dengan kata lain hanya menggunakan satu jenis oli mesin saja. Jangan coba menggantinya dengan merek baru apalagi mencampur (mengoplos) oli, karena hal tersebut dikhawatirkan akan merusak kestabilan tekanan yang dihasilkan cairan oli saat melumasi komponen mesin. Oleh karena itu, saat Anda membeli sebuah mesin genset jangan lupa tanyakan pada pihak penjual oli apa yang umumnya digunakan sebagai pelumas.

  1. Lengkapi peralatan pengganti oli genset

Sebelum Anda mengganti oli Genset persiapkan terlebih dahulu berbagai macam peralatan pengganti oli genset, mulai dari wadah untuk oli kotor, corong pengsi dengan filter, koran bekas, dan kunci untuk membuka genset. Berikut adalah beberapa prosedur pengisian oli baru pada genset secara umum.

  • langkah pertama, buka seal oli dan periksa seberapa banyak oli harus diganti atau ditambahkan, kemudian pastikan bahwa oli yang akan Anda masukkan nantinya tidak menetes keluar atau mencemari lantai dengan menggunakan corong berfilter.
  • Buka seal bagian bawah dan biarkan oli bekas keluar dari saluran pembuangan. priksa kembai tidak ada oli bekas yang tersisa didalam genset.
  • Kencangkan kembali semua mur pengunci bagian bawah dan tuangkan oli yang baru di bagian atas dan jangan memasukan  oli melebihi batas seal penuh.

setelah Anda mengetahui prosedur pengisian, agar kinerja oli mesin berjalan sempurna Anda juga harus menyeimbangkan perawatan komponen lain seperti:

  • Priksa Komponen pendingin dengan cara mengontrol air coolant yang ditambah sehari sekali segera setelah digunakan. Agar nantinya kinerja mesin tetap berjalan optimal tanpa hambatan.
  • Cek Komponen pemanas, yaitu dengan memeriksa apakah asap atau buangan yang dihasilkan sesuai dengan standar buangan genset pada umumnya. Jika terasa ada masalah, tak ada salahnya Anda mengkomunikasikan kerusakan dengan orang yang lebih ahli atau langsung menanganinya sendiri.


Itulah beberapa cara mengganti ganti oli genset dengan baik dan benar apabila hal tersebut anda kerjakan dengan sungguh-sungguh maka akan membuat mesin genset yang Anda gunakan lebih optimal dan lebih nyaman dan awet digunakan. Prosedur diatas bukanlah proses yang sulit untuk dilaksanakan sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba langkah demi langkah referensi diatas.

 

Pencarian :

    SOP pergantian Oli Mesin